BACKGROUND & ALIRAN

abram thio

 

Dalam perumpamaan mengenai sepuluh gadis, lima gadis bijak memiliki dua hal: selain PELITA mereka memiliki persediaan MINYAK. Lima gadis yang bodoh hanya memiliki PELITA dengan minyak terbatas.

Apakah arti PELITA dan apa arti MINYAK ? Tentu semua tahu. PELITA = FIRMAN dan MINYAK = ROH KUDUS.

Di akhir zaman, ini banyak orang hanya mengandalkan salah satu dari dua faktor penting ini. Sebagian besar mereka dari golongan pentakosta/kharismatik terlalu banyak ‘MANDI MINYAK’ dan beberapa (tidak semua) berlebihan dalam mempercayai manifestasi ‘roh’ dan malah keluar batas FIRMAN dan menjadi sesat.

Sementara dari kelompok Injili, beberapa (tidak semua)
begitu rupa MENJAGA PELITA sampai-sampai mereka lupa bahwa PELITA perlu MINYAK, mereka begitu ‘rigit’ dengan pernyataan-pernyataan ‘roh’ dan cenderung mengandalkan kekuatan sendiri dalam upaya memahami FIRMAN. Alhasil PELITA mereka padam, apa yang mereka temukan hanyalah Logos, huruf-huruf yang mati.

Latar belakang kami Kharismatik Injili…  Kami percaya manifestasi  kuasa Allah bekerja luar biasa atas orang-orang percaya seperti apa yang disampaikan oleh Alkitab Firman TUHAN.

Kami berdoa menumpangkan tangan atas orang sakit, dan beberapa (tidak selalu) dari mereka disembuhkan Tuhan. Kadang kami mengurapi orang yang sakit dengan minyak, tetapi pernah Tuhan menggerakkan hati untuk memberi minum segelas air kepada seorang ibu yang sakit parah karena guna-guna atau santet, dan ibu itu  disembuhkan Tuhan.

Kami mengusir setan atas anak-anak yang kerasukan, dan anak itu dilepaskan. Beberapa kali kami mendapat semacam vision, kadang saat berdoa, bahkan pernah terjadi saat mengemudi mobil.

Tetapi kami adalah juga orang-orang Injili sejati. Kami berdoa kepada Bapa, agar ROH KUDUS menyingkapkan
‘RAHASIA WAHYU’ dari ALKITAB… Bukan dari mimpi atau penglihatan….

Mengapa demikian? Karena kalau kami mendapat penyingkapan dari mimpi atau penglihatan… banyak saudara-saudara dari golongan Injili akan sulit untuk menerimanya. Tetapi jika penyingkapan itu dari Alkitab Firman Yang Tertulis, akan lebih berguna bagi banyak orang. Walaupun kami tahu tetap saja tidak semua orang akan mau menerimanya (Tuhan sudah ingatkan hal ini).

Kami telah mendengar banyak (tidak semua), mimpi atau
penglihatan yang dikatakan dari Tuhan, tetapi nyata-nyata
menyimpang dari Alkitab – Firman Allah. Ada banyak orang yang mengaku hamba Tuhan, tidak waspada terhadap roh kedagingan dan berkanjang pada mimpi-mimpi yang membesarkan dirinya sendiri…
Kami tidak ingin mengalami hal-hal yang seperti itu…. seberapapun bagusnya dan luar biasanya mimpi dan penglihatan, tetap harus diuji dengan Firman Tuhan yang tertulis: yaitu Alkitab.

Kami tidak merujuk buku-buku eskatologi lain secara
khusus, karena belum menemukan yang sesuai dengan
apa yang kami dapatkan dari Alkitab. Lalu bagaimana
kami mendapatkan penyingkapan-penyingkapan itu?

Kami mempelajari Alkitab Firman Allah (terutama dari Alkitab KJV dan dari Alkitab bahasa Ibrani dan Yunani dari biblos.com). Fokus dan mengikuti alur dari penjelasan Alkitab. Mempelajari sejarah dan budaya bangsa Israel, untuk menambah wawasan mengenali terminologi yang digunakan Alkitab. Juga mempelajari sejarah Gereja. (semua itu banyak didapat dari situs wikipedia.org dan situs-situs resmi seperti jewishencyclopedia.com, dll).

Kalau tidak mengerti sesuatu kami berdiam diri, berdoa, bertanya pada Bapa… bergumul beberapa hari… biasanya kalau kembali merendahkan diri, maka pengertian demi pengertian dibukakan kembali melalui ayat-ayat (Alkitab) yang lainnya. Kalau tidak mendapat pengertian pada satu hal, kami tidak akan memaksakan diri… kami tidak didesak oleh target… Tuhan bebas memberitahu atau tidak.

Tanpa pertolongan Roh Tuhan kami tidak berguna…
Di luar Tuhan kita tidak dapat memahami Wahyu-Nya.